Kamis, 25 Oktober 2012

Guru adalah Model..


Kata dosen mata kuliah PKN,  “guru itu model, yang akan dicontoh oleh murid-muridnya”. Ternyata tidak hanya seorang guru saja, bahkan sikap orang dewasa saja banyak yang ditiru oleh anak-anak, karena memang sudah sifat anak-anak yang suka melakukan hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa, apalagi kalau orang itu yang dia sukai, tetapi tidak hanya yang disukai saja loh, terkadang peran-peran yang dianggapnya lucu dan menarik bisa di ikuti, seperti sepupu ku ini yang menirukan gerakan topeng monyet yang berjalan dengan membungkukkan badannya sambil berkeling gitu,, itu dilakukannya agar menarik perhatian orang disekitarnya karena dia melihat bahwa tindakan seperti itu lucu, memang lucu sih.. hehe… itu salah satu faktor dari sikap yang dicontoh oleh anak-anak dari sebuah pertunjukan topeng monyet..
Guru pun demikian, segala sesuatu yang dilakukan oleh guru dalam kelas maupun ketika lewat dan lain sebagainya akan ditiru oleh anak-anak, bisa dari kebiasaan guru tersebut, gaya bicaranya, perilakunya, bahkan sikap yang menyimpang dari guru tersebut saja dapat diikuti oleh siswanya, seperti halnya apabila guru sering datang terlambat, maka siswa pun akan mencontoh hal yang sama karena anggapan mereka guru nya saja datang terlambat. Karena siswa itu lebih percaya dan nurut terhadap gurunya, seperti apabila orang tua menyuruh anak nya agar tidak main kotor-kotoran, tetapi anak itu suka bermain dan seandainya gurunya berkata bahwa kotor itu sehat, maka si anak akan lebih mengikuti apa yang dikatakan oleh sang guru. Karna memang sifat anak-anak itu itu senang bermain, maka seharusnya orang tua juga tidak boleh melarangnya untuk tidak bermain. Karena itu akan berdampak pada sikap dan emosional anak tersebut ketika nanti disekolah.
Oleh karena itu, seorang guru itu harus hati-hati dalam segala hal, baik mulai dari sikapnya, bahasanya, kebiasaannya, dan bahkan penampilannya karena anak  murid itu lebih nurut kepada gurunya dibandingkan dengan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar