Senin, 13 Agustus 2012

cara dan tips merawat Laptop anda... ^_^


Dalam menggunakan laptop, terkadang ada hal-hal yang kurang dimengerti yang dapat berakibat terganggunya kinerja laptop. Karena laptop atau notebook merupakan barang elektronik yang memerlukan perawatan khusus dalam penggunaannya dibanding perawatan Komputer PC.

Cara dan Tips Perawatan Laptop menurut saya pada dasarnya meliputi bagaimana kita Menggunakannya, Membawanya dan Menyimpannya (betul tidak? hehe). Terlepas dari software atau perangkat lunaknya, dibawah ini ada cara yang bisa diterapkan nih  :


Cara Menggunakan Laptop :


  • Gunakan Laptop seperlunya / saat memang dibutuhkan. Penggunaan Laptop juga tidak bisa disamakan dengan komputer biasa (PC) loh.. terutama dalam hal daya tahan pada pemakaian terus-menerus apalagi untuk yang hobbi ngeGame..
  • Jangan menggunakan laptop pada alas yang empuk atau yang tidak rata, karena dapat mengganggu sirkulasi udara dibawah laptop, misalnya pada ; Karpet kasar, busa, selimut, kasur, bantal, guling, dsb. 
  • Hindarkan Laptop atau Notebook dari cahaya langsung matahari / cari tempat yang teduh dan bersih, alias bebas dari debu (hehe..).
  • Jangan menggunakan laptop dengan dipangku nih...  karena saat dipangku, lubang sirkulasi udara biasanya berada tepat di atas paha (jadi bisa tersumbat).
  • Jauhkan Laptop dari Air, Medan Listrik atau Medan Magnet kuat atau Medan Elektromagnetik kuat seperti Speaker dengan magnet besar yang terbuka, transformator, transmitter RF daya besar, dsb
  • Cari posisi yang datar, rata, aman, stabil, dan jauhi Getaran, Hentakan, dan Benturan apalagi pukulan karena dapat merusak harddisknya.
  • Jangan gunakan Laptop sambil mengisi baterai (rechargered) apalagi kondisi baterainya kosong (10% ke bawah). 
  • Hindari juga  penggunaan Laptop tanpa Baterai (hanya charger) dalam waktu lama. Kondisi ini sangat berbahaya kalau tiba-tiba listrik mati. Selain itu kondisi tanpa baterai akan memperberat kerja rangkaian stabilisator di dalam laptop karena desipasi daya pada rangkaian ini menjadi lebih besar dari pada menggunakan baterai.
  • Lepas segera charger setelah pengisian baterai mencapai 100% (penuh) khususnya untuk laptop lama karena biasanya belum dilengkapi Auto Stop Rechargered (proses rechargered otomatis berhenti setelah baterai laptop penuh). Untuk Laptop baru biasanya sudah dilengkapi rangkaian tersebut sehingga charger boleh tidak dilepas meskipun baterai sudah penuh.

Nah ada juga nih Tips membawa Laptop atau Notebook anda : 


Pastikan Laptop atau Notebook dalam kondisi Mati atau Shutdown.
Gunakan Tas khusus Laptop standar yang dilengkapi spon tebal dan penahan goncangan/getaran.
Jangan memasukkan laptop ke dalam tas sesaat setelah dipakai lama (saat kondisi panas). Biarkan sebentar agar laptop dingin. Untuk mempercepat pendinginan Anda bisa mengipasinya atau meniupnya, itupun kalau Anda mau… hehe..
Pastikan Tas yang Anda gunakan Kuat dan tidak putus pengaitnya. Apalagi jika membawanya sambil berkendara..bisa berbahaya itu.... (iya gak...?)

Tips menyimpan dan merawat laptop :


  1. Simpan di Tempat yang Bersih, Sejuk dan Kering jauh dari Debu dan jangkauan anak-anak atau orang usil.
  2. Jangan menyimpan laptop terlalu lama tanpa pernah dihidupkan sama sekali. Usahakan sesekali laptop dihidupkan beberapa puluh menit untuk menghangatkan komponen-komponen di dalam laptop terutama saat musim penghujan atau udara lembab.
  3. Bersihkan Laptop dengan kain Lap Halus. Gunakan kuas cat halus untuk posisi sulit seperti sela-sela keyboard. Untuk noda membandel pada LCD dapat digunakan kain halus yang sedikit dibasahi alkohol 70%. WARNING Jangan dicuci !!…
  4. Jauhkan dari Lalu-lintas atau sarang serangga atau binatang usil seperti ; tikus, kecoa, rayap, semut, cicak, spiderman, yang biasa berlalu lalang seenaknya...
  5. Jangan menyimpan / menaruh Laptop di tempat yang membahayakan posisi laptop, seperti : di dekat TV, ruang bermain anak, di dapur, dekat kompor, dekat kamar mandi, di bawah kasur, di bawah bantal, di atas kursi, meja makan, di lantai (karena bisa keinjak), dsb.

Sepertinya memang ribet yaa, tapi paling tidak dapat memperkecil kemungkinan adanya gangguan atau kerusakan pada hardware Laptop kita (iya gak? ^^), dan semoga cara dan tips ini dapat berguna dan bemanfaat bagi kita khususnya dalam menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup laptop kita (udah kaya makhluk hidup aja ya... hehe )


"frannsvela...."







Tidak ada komentar:

Posting Komentar